Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Berita
Home / Berita

Perkuat Sistem Manajemen dan Penanganan Mutu, Al-Hamidiyah Depok Gelar Serangkaian Pelatihan ISO 9001:2015

Selasa, 23 Agustus 2022 Oleh Kajis 649 kali

DEPOK – Yayasan Islam Al-Hamidiyah (YIA) Depok melalui Lembaga Penjaminan Mutu menggelar kegiatan Peresmian Sistem Manajemen Mutu dan Pembukaan Pelatihan ISO 9001:2015 di Aula Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hamidiyah, Depok (Jumat, 19/08/22). 

Acara ini dihadiri oleh Dewan Pembina dan Pengawas, Direktur Utama, serta Board of Directors Yayasan Islam Al-Hamidiyah. Sebanyak 40 Internal Auditor yang terpilih dari lintas Direktorat mengikuti pelatihan yang diselenggarakan secara 2 batch ini.  

Dewan Pembina YIA, Ir. H. Mochammad Sutjahjo dan dan Direktur Utama, dr. H. Imam Susanto Sjaichu, Sp.Bp.RE(K) memberikan arahan dalam acara tersebut. 


“Acara pagi ini dengan tema penerapan sistem manajemen mutu untuk peningkatan dan kelanjutan akhirnya bisa terlaksana dengan baik. Ini sebenarnya cita-cita kami di sini sejak dulu,” ungkap Pak Sutjahjo. 

Bapak dr. H. Imam Susanto Sjaichu menyatakan melalui penjaminan mutu  ISO 9001:2015 ini target pencapaian yang diperoleh ialah prosesnya untuk dapat menilai kekurangan untuk memperbaikinya. Di samping itu juga mempertahankan keberhasilan dan perolehan yang telah dicapai

“Alhamdulillah, kita memasuki penjaminan mutu yang harus diimplementasikan di lingkungan pendidikan Yayasan Islam Al-Hamidiyah. Pencapaian penjaminan mutu ini akan meningkatkan kredibilitas yayasan dalam pandangan masyarakat karena jarang sekali sebagai orang Islam apalagi pesantren yang terstandarisasi ISO ini,” ungkap Pak Imam. 


“Tujuan dari audit dalam Islam ialah untuk melihat dan memeriksa secara operasional, mengontrol dan melaporkan transaksi serta akad yang sesuai dengan aturan hukum Islam untuk memberikan manfaat, kebenaran, dan pelaporan yang adil dalam pengambilan keputusan,” ungkap R. Muhammad Iman Sasraningrat, S.T., M.B.A, Kepala Divisi Penjaminan Mutu.  

Kepala Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah, Prof. Dr. K.H. Oman Fathurahman, M.Hum menyambut baik acara Pelatihan ISO 9001:2015 ini.

“Acara ini penting sekali, karena saya tidak yakin ada berapa pesantren yang dilibatkan dalam proses ISO karena berat loh. Seorang kiai disertifikasi, disuruh laporan dalam tradisi pesantren itu agak susah. Kiai itu ya harus dikasih wewenang semau-maunya,” canda Guru Besar Filologi di Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut diiringi oleh gelak tawa para hadirin.

Nah, di Pesantren Al-Hamidiyah ini unik,” imbuh beliau, “Tidak ada satu pun unit komponen yang memiliki kekuasaan mutlak. Semuanya dikontrol, termasuk pesantren di dalamnya. Oleh karenanya, kami sangat mengapresiasi. Tentu saya sebagai Kepala Pengasuh dan jajaran akan men-support secara penuh.” 


Acara seremoni ditutup dengan doa yang dibacakan oleh Wakil Kepala Pengasuh Pesantren, K.H. Jauhari, Lc. dan berlanjut ke acara inti, yakni Training Awareness ISO 9001:2015 Batch 1. 

Setelah itu, dilanjut dengan pre-test kemudian pembahasan Materi 1: Klausul 4 Konteks Organisasi, Materi 2: Klausul 5 Kepemimpinan dan Klausul 6 Perencanaan, Materi 3: Melanjutkan Klausul 6 Perencanaan dan Klausul 7 Proses Pendukung, Materi 4: Klausul 8 Operasional, Materi 5: Klausul 9 Analisis dan Evaluasi serta Klausul 10 Peningkatan. Acara diakhiri dengan post-test serta serangkaian doa penutup.  

Rangkaian Kegiatan Pelatihan yang akan dilakukan dalam proses satu tahun kedepan adalah Training Awareness ISO 9001 : 2015, Pelatihan Pengendalian Dokumen Mutu ISO 9001 : 2015 dan Pelatihan Internal Auditor ISO 9001 : 2015.


Penting diketahui bahwa ISO 9001 : 2015 merupakan Sistem Manajemen Mutu dengan tolak ukur penyetaraan standar di pasar global maupun internasional. Tujuan adanya ISO di antaranya untuk menjamin kesesuaian operasional guna meningkatkan kepuasan pengguna barang / jasa yang dihasilkan oleh suatu Institusi / Organisasi.

Pada pelatihan ISO 9001 : 2015 ini Yayasan Islam Al-Hamidiyah bekerja sama dengan PT. Mutu Tunas Cipta sebagai Konsultan Pendamping sampai dengan audit sertifikasi dan PT. MSA Certification sebagai Badan Sertifikasi ISO 9001 : 2015 yang akan mengaudit kesesuaian pada April 2023 mendatang.


Foto: Guntur/Isra/Sulthoni

Pewarta: Hana/Yunus/Atunk